Berbagai tutorial mudah dan gratis mengenai Game, Grafis, Widget dan Coding

Manipulasi string dalam PHP part 2

Php String

Nah, ini merupakan artikel sambungan dari Manipulasi String dalam PHP part 1. Di bagian 1 sudah saya sebutkan 7 fungsi. Dan sekarang masih ada 5 fungsi yang digunakan untuk memanipulasi string. Diantaranya:

8. implode(penggabung, array) untuk menggabungkan array menjadi satu kalimat.
Contoh:
<?php
$arraybelajar = array("saya", "sedang", "belajar", "bahasa",
"pemrogaman", "PHP");
$kalimatbelajar = implode(" ", $arraybelajar);
echo $kalimatbelajar; // hasil = saya sedang belajar bahasa pemrogaman PHP
?>

9. strpos(kata/kalimat, karakter yang dicari) mengetahui posisi suatu huruf/kata.
Contoh:
<?php
$kalimat = "Saya sedang belajar PHP";
$katayangdicari = "PHP";
$posisi = strpos($kalimat, $katayangdicari);
echo $posisi; //hasil = 4
?>

10. substr(kalimat, nilai awal, nilai akhir atau range) memotong sebagian dari suatu kalimat.
Contoh:
<?php
$kalimat = "saya sedang mengetik menggunakan keyboard, guna mempelajari
bahasa PHP";
$potongkalimat1 = substr($kalimat, -3); //mendapatkan 3 karakter terakhir
$potongkalimat2 = substr($kalimat, 6, -3); //mendapatkan karakter dari karakter ke6 sampai karakter sebelum 3 terakhir.
echo $potongkalimat1 ; // hasil = "PHP"
echo $potongkalimat2 ; // hasil = "sedang me ... bahasa "
?>

11. str_replace(kata yang dicari, kata pengganti, kalimatnya) mengganti suatu kata dalam sebuah kalimat.
Contoh:
<?php
$kalimat = "saya sedang bermain";
$kalimatbaru = str_replace("bermain", "belajar", $kalimat);
echo $kalimatbaru ; // hasil = "saya sedang belajar"
?>

12. trim(string) untuk menghilangkan spasi
<?php
$password = "saya senang belajar PHP";
$passwordasli = trim($password);
echo $passwordasli; // hasil= "sayasenangbelajarPHP"
?>

Sebenarnya masih banyak fungsi lainnya yang digunakan untuk memanipulasi string. diantaranya strtotime, strtok, strrev, strtr dll. Namun 12 fungsi yang sudah saya sebutkan merupakan fungsi yang sering digunakan.
Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar